Dewan Pantau Pengadaan Masker Pemerintah Kabupaten Buleleng Guna Menanggulangi Penyebaran COVID-19

  • Tim Pemberitaan Humas DPRD Buleleng
  • 16 April 2020
  • Dibaca: 104 Pengunjung

Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Buleleng, Made Sudiarta melakukan kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng terkait proyek pengadaan masker untuk mengantisipasi penyeberan Covid -19 di Kabupaten Buleleng, Selasa (14/4/2020).
Terkait merebaknya covid-19 di Kabupaten Buleleng, Pemerintah Daerah melalui BPBD Kabupaten Buleleng melaksanaan pengadaan 165.000 pcs masker pada tahap pertama untuk diditribusikan ke masing-masing wilayah di Kabupaten Buleleng.
Sesuai keterangan dari Kepala BPBD Kabupaten Buleleng, Drs. Ida Bagus Suadnyana, angka 165.000 pcs diperoleh berdasarkan data dari Disdukcapil dimana jumlah penduduk dewasa di atas 17 tahun berjumlah 61.106 jiwa ditambah 20% dan cadangan 10% untuk tahap pertama sampai tanggal 20 April 2020 dan dilanjutkan dengan pengadaan tahap kedua sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang dan rencananya akan didistribuysikan ke masing-masing wilayah di Kabupaten Buleleng berdasarkan petunjuk dari Setda Kabupaten Buleleng selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Buleleng.
Sementara, anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Buleleng, Made Sudiarta menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan pengadaan masker oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng mengingat situasi yang mendesak sehingga perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari meluasnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Buleleng. Namun, untuk rekanan dari pengadaan ini melibatkan lebih banyak pelaku UMKM sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan juga terkait pendistribusian masker ini agar berkoordinasi dengan kepala desa/Lurah di masing-masing wilayah sehingga pendistribusian masker ini dapat lebih maksimal dan lebih merata, ke depan jika situasi ini masih berlanjut diharapkan program ini dapat berjalan lebih baik dan efektif.
Menanggapi hal tersebut, Suadnyana yang juga sebagai Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan UMKM-UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng sesuai dengan data yang ada di Dinas Perindakop. “Ya, kami sudah berusaha menghubungin beberapa UMKM untuk mengerjakan pengadaan masker ini, namun mengingat batas waktu yang singkat beberapa UMKM tidak dapat memenuhi target yang diinginkan, namun Kami terus berupaya untuk memenuhi terget 165.000 Pcs Masker pada tahap pertama dan astungkare sudah terpenuhi samapi batas waktu yang ditentukan” ujarnya.
Beliau juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih terhadap kunjungan dari DPRD Kabupaten Buleleng karena ini merupakan bentuk transparansi kepada masyarakat melalui anggota DPRD sesuai dengan fungsi DPRD di bidang Pengawasan. Dan ini juga menambah semangat kami dalam melaksanakan tugas-tugas khususnya terkait dengan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

Share Post :