KETUA DPRD KABUPATEN BULELENG BERSAMA WAKIL BUPATI MENGHADIRI EVALUASI DESA PEKRAMAN DAN SEKAA TRUNA TINGKAT KABUPATEN BULELENG TAHUN 2015

  • Admin Bulelengkab
  • 28 Juli 2015
  • Dibaca: 568 Pengunjung

Rabu 29 juli 2015 ketua dprd kabupaten buleleng , Gede Supriatna bersama wakil bupati buleleng menghadiri evaluasi desa pakraman dan sekaa truna yang bertempat di pelataran pura puseh desa pakraman Munduk Bestala. Yang bertajuk “  MELARAPAN ANTUK PACENTOKAN DESA PAKRANMAN LAN SEKAA TRUNA KABUPATEN BULELENG PRASIDA NGAJEGANG BALI MANGDA SANTI LAN JAGADHITA “  hadir pula dalam acara tersebut kadis Budpar I Gede Suyasa, Kepla BPMPD Kab. Buleleng, Camat Seririrt, Usur Muspika Kecamatan Seririt, Tim Penilai lomba desa pakraman , perwakilan dari pengurus madya desa pakraman kabupaten Buleleng prebekel, kelian desa adat munduk Bestala. Beserta undangan lainnya. Sebelum acara dimulai rombongan berkenan melihat stan pameran yang di tampilkan oleh desa pakraman dan sekaa truna ADHI YOANA  desa adat munduk bestala dalam bidang hasil pertanian dan perkebunan,seni membuat lukisan wayang, seni menabuh gender, seni membuat alat-alat keperluan upacara, dan aneka macam tari-tarian.

Dalam sambutan bupati yang di bacakan oleh Wakil bupati Buleleng. Berharap pentingnya lomba desa pakraman dan sekeha truna di selenggarakan bertujuan guna mempertahan kan nilai-nilai adat seni dan budaya di tengah gempuran arus globalisasi. Serta memupuk kreatifias anak-anak muda dibidang adat dan budaya. Dalam kesempatan itu pula, wakil Bupati selaku ketua tim penganggulangan HIV AIDS. Dan penyalah gunaan Narkoba. Menekankan kepada anak-anak muda untuk menghindari penyalah gunaan narkoba dan prilaku yang berresiko dalam penyebaran penyakit  HIV AIDS.

Sementara sambutan dari kepala dinas kebudayaan dan pariwisata selaku ketua tim penilai lomba desa pakraman berharap kedepan agar lembaga dewan bisa memprogramkan anggaran untuk kegiatan-kegiatan terkait dengan pelestarian lembaga adat dan budaya di kab. Buleleng guna lebih meningkatrkan kreativitas di bidang pelestarian  adat dan budaya. Dan juga memberikan stimulant bagi masing –masing desa pekraman yang ada di kabupaten buleleng  untuk mendukung program-program yang berkaitan dengan adat, seni, dan budaya.

Dalam kesempatan itu ketu dprd kab. Buleleng menyerahkan batuan dana pengganti konsumsi bagi sekaa truna  Adhi Yoana. Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam hal pelestarian adat dan Budaya

Share Post :