Visi & Misi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 1345 Pengunjung

Visi dan Misi  Sekretariat DPRD Kabupaten Buleleng

1. Visi

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan yang didalamnya berisi suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholders. Visi mempunyai jangkauan 5 (lima) tahun atau lebih ke depan dan merupakan keadaan ideal yang sifatnya memberikan inspirasi dan arah serta posisi (setting) SKPD di masa depan.

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan tentang kemana Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan diarahkan dan apa yang akan dicapai. Dalam mengantisipasi tantangan kedepan menuju kondisi yang diinginkan, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah secara terus menerus mengembangkan peluang dan inovasi agar tetap eksis dan unggul dengan senantiasa mengupayakan perubahan ke arah perbaikan. Perubahan tersebut harus disusun dalam tahapan yang terencana, konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil.

Visi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng telah ditetapkan dengan mempertimbangkan nilai-nilai sebagai berikut :

1) Melayani publik dengan norma, kesabaran, supel dan luwes serta percaya diri.

2) Tanggungjawab dan rasa memiliki pada bidang tugas.

3) Menjunjung tinggi etika dan kejujuran

4) Mengutamakan keterbukaan dan rasa saling mempercayai

5) Menghargai kebersamaan dan rasa persaudaraan

6) Komitmen atas objektivitas, integritas dan independensi

7) Memandang realita sebagai evaluasi kerja

8) Keselarasan, Keserasian dan Keseimbangan

 

             Perumusan Visi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng, yaitu:Terwujudnya Pelayanan Yang Prima Dalam Mendukung Kelancaran Tugas Pokok Dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng

                Kata kunci dan makna yang terdapat dalam rumusan visi di atas adalah sebagai berikut :

1.     Pelayanan mengandung pengertian suatu bentuk kegiatan pelayanan yang professional dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik (Sekretariat DPRD) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun dalam pelaksanaan  ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.     Prima  dalam hal ini bagaimana memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan pelanggan.

3.     Pelayanan prima (service excellence) merupakan pelayanan terbaik yang harus diberikan oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Buleleng untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan DPRD sehingga tugas pokok dan fungsi DPRD dapat berjalan dengan baik. Pelayanan prima dimaksud harus direncanakan dan diselenggarakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memenuhi sendi-sendi tata laksana layanan umum seperti: kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan dan ketepatan waktu.

 

2. Misi

                  Misi merupakan roh dari suatu organisasi yang menjiwai semua aspek dalam pelaksanaan tugas, menumbuhkan komitmen  untuk meraihnya serta menambah motivasi dan optimisme dalam mencapai apa yang dicita-citakannya secara realistis  dan sebagai strategi untuk mengembangkan kreativitas.

Mencermati makna Misi dan Visi di atas, maka Misi yang dirumuskan ataupun harus dilakukan untuk mencapai visi dimaksud adalah sebagai berikut :

1.      Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia untuk mampu memberikan pelayanan yang prima;

2.      Meningkatkan kuantitas dan kualitas  sarana prasarana dalam mendukung penyelenggaraan tugas-tugas;

3.      Meningkatkan pelayanan administrasi dan keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

4.      Meningkatkan koordinasi, sinergi serta efektifitas persidangan dan penyelenggaraan kegiatan rapat-rapat Anggota DPRD.

5.      Meningkatkan penyiapan dan pengendalian produk hukum dan menciptakan hubungan harmonis dengan  anggota DPRD, Pemerintah Daerah, Media massa serta masyarakat.

Penjelasan Makna Misi

a). Misi yang pertama mengandung makna bahwa dalam pelaksanaan tugas, sangat dibutuhkan adanya kompetensi pegawai yang mampu menjabarkan kebijakan yang diberikan oleh pimpinan, untuk menuju kearah itu, salah satunya adalah dengan memberikan kesempatan dalam  pendidikan/pelatihan keterampilan SDM;

b) Misi yang kedua mempunyai makna bahwa dengan tersedinyanya sarana prasarana yang berkualitas dan memadai maka Sekretariat DPRD dapat memberikan pelayanan yang prima;

c) Misi yang ketiga mempunyai makna bahwa Sekretariat DPRD secara teknis operasional memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan kinerja Dewan dalam melaksankan Tri fungsinya  dibidang Budgetting, Legislasi serta Pengawasan,

d). Misi keempat mempunyai makna bahwa tugas utama dari Sekretariat DPRD adalah menunjang  kebutuhan Pimpinan dan Anggota dalam Pelaksanaan rapat-rapat, baik secara internal maupun rapat gabungan, dengan demikian maka upaya koordinasi yang bersinergi diharapkan menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan rapat-rapat dimaksud.

d). Misi yang kelima mempunyai makna bahwa perlunya tecipta hubungan yang harmonis dalam setiap langkah kearah yang dicita-citakan, baik dalam bentuk komunikasi formal maupun ferbal sehingga untuk mewujudkan hal ini perlu adanya pola/ strategi partisifatif dan komunikatif.