(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

Ketua Komisi I DPRD Buleleng Hadiri Radio Talk Show Dengan Topik “Pembumian Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Melalui Ranperda Inisiatif Dewan”

Admin dprd | 14 Maret 2023 | 377 kali

Ketua Komisi I DPRD Buleleng menjadi Narasumber

SINGARAJA, Humas DPRD Buleleng

Selasa (14/3), Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Buleleng Gede Odhy Busana,SH hadir dalam program acara Radio Talkshow yang diselenggarakan oleh Radio Singaraja 92.0 FM yang beralamat di Jalan Singaraja-Seririt KM 6, Tukad Mungga, Singaraja.

Acara yang bertajuk “Pembumian Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Melalui Ranperda Inisiatif Dewan” tersebut juga turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng yang kali ini diwakili oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gede Surya Bharata, S.Pd, MAP sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Odhy Busana memaparkan bahwa Komisi I DPRD Buleleng sebagai pengusul Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan mengamati pada perkembangan saat ini, Pancasila sebagai ideologi Negara dan juga sumber dari segala hukum di Indonesia telah mengalami degradasi atau penurunan dari segi pemahaman maupun pengamalannya dalam dunia pendidikan maupun didalam masyarakat sendiri. Untuk itu, Komisi I mendorong Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan untuk mendapatkan pembahasan dan tindak lanjut untuk segera dijadikan Perda.

“Masyarakat Buleleng merupakan masyarakat heterogen yang memiliki beragam agama, budaya dan etnis. Untuk itu, kita ingin menyelaraskan pandangan lewat Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini”, ujarnya.

Lebih lanjut lagi disampikan Odhy Busana, dalam pelaksanaan kedepan ketika Ranperda tersebut sudah disahkan menjadi Perda akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga baik formal maupun informal dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

Di satu sisi, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menilai Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang merupakan Ranperda Inisiatif DPRD Buleleng merupakan sebuah komitmen bersama Pemerintah Daerah dalam membumikan nilai-nilai Pancasila. Beliau menambahkan dari segi Pendidikan, Disdikpora telah melakukan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan perkembangan jaman saat ini agar Pendidikan Pancasila bisa dirasakan keberadaannya serta memberikan manfaat kepada peserta didik di satuan pendidikan.