(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

Komisi IV Dukung Pendirian SMPN 6 Gerokgak

Admin dprd | 04 Juli 2023 | 282 kali

Ketua Komisi IV  Ranitasari saat memimpin rapat dengan Disdikpora

SINGARAJA, Humas DPRD Buleleng

Guna menjawab kekurangan ruang belajar bagi siswa SMP baru di Kecamatan Gerokgak, Komisi IV DPRD Buleleng mendukung pendirian sekolah menengah pertama Negeri 6 Gerokgak di Desa Banyupoh. Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV Luh Hesti Ranitasari dalam rapat dengar pendapat antara Komisi IV dengan Disdikpora Kabupaten Buleleng di ruang Gabungan Komisi, Selasa (4/7).

Dalam rapat tersebut, Komisi IV meminta kepada Pemkab Buleleng untuk mengkaji secara detail pendirian SMP 6 Gerokgak. Ketua Komisi IV Rani menilai pembangunan sekolah sangat baik untuk siswa agar bisa belajar dengan nyaman. Tetapi, aspek- aspek yang berhubungan dengan pendidikan harus tetap dilakukan kajian yang mendalam. Seperti halnya aspek lokasi sekolah yang jauh dari keramaian, insfratruktur penunjang, dana oprasiaonal serta pemerataan bagi peserta didik di Kecamatan Gerokgak.

Rani menambahkan, permasalah membludaknya peserta didik disalah satu sekolah di Kabupaten Buleleng bukan merupakan fenomena baru, maka perlu adanya kebijakan yang riil dari pemerintah daerah terhadap permasalahan ini. 

“jangan sampai alasan membeludak siswa di salah satu sekolah menjadi pemkab membuat sekolah baru, tetapi memang murni sekolah dibutuhkan untuk pemerataan siswa sekolah” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota Komisi IV Ketut Ngurah Arya. Pemerintah daerah harus segera mencari solusi terhadap permasalah setiap tahun adanya siswa yang mendaftar di salah satu sekolah saja. “hampir setiap tahun dan disetiap kecamatan ada fenomena mendaftar disalah satu sekolah dengan alasan yang bermacam-macam, ini perlu dicarikan solusi apa yang menyebabkan siswa atau orang tua enggan mendaftarkan di sekolah yang lain “ ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Made Astika, S.Pd, M.M memaparkan pendirian Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gerokgak. Selama 5 Tahun terakhir, terjadi kelebihan daya tampung di SMP N 2 Gerokgak, sehingga dikhawatirkan kedepannya berakibat berkurangnya kualitas pelayanan pendidikan yang diberikan. Untuk itu dipandang perlu untuk memberikan akses yang lebih memadai dan terjangkau untuk desa-desa penyangga yang ada di SMP N 2 Gerokgak, dengan didirikannya unit sekolah baru SMP N 6 Gerokgak yang berlokasi di Desa Banyupoh.