(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

SERAP ASPIRASI PETANI, KETUA DPRD BULELENG AJAK PETANI MANFAATKAN TEHNOLOGO PERTANIAN

Admin dprd | 03 Januari 2022 | 366 kali

Serap Aspirasi Petani, Ketua DPRD Buleleng Ajak Petani Manfaatkan Teknologi Pertanian
SINGARAJA, Humas DPRD Buleleng
Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH mengajak petani untuk memanfaakan Teknologi Pertanian untuk bisa meningkatkan hasil pertanian. Hal ini diungkapkan saat menyerap aspirasi krama Subak Lanyahan dan Subak Babakan Desa Jagaraga, Kamis (16/12).
Supriatna yang didampingi anggota DPRD Buleleng I Dewa Gede Sugiharto memaparkan program pemerintah untuk petani yang ada di Kabupaten Buleleng. Salah satu program yang dibawa yaitu mengajak petani untuk memanfaatkan teknologi sebagai upaya peningkatan hasil pertanian, efesiensi waktu dan bisa menekan biaya operasional petani. Untuk itu, DPRD Buleleng yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng, Pemprov. Bali dan Pemerintah Pusat terus berupaya memberikan bantuan di masing-masing subak seperti Alat dan Mesin pertanian, bibit, maupun subsidi pupuk. “kami juga berharap adanya masukan-masukan untuk program-program dari masing-masing subak sehingga bisa menselaraskan antara kebutuhan petani dengan program dari pemerintah” tambahnya.
Hal senada juga di sampaikan oleh I Dewa Gede Sugiharto dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga Koordinator untuk program pertanian wilayah Buleleng dan Karangasem. Menurutnya, saat ini pemerintah terus berupaya memberikan bantuan yang dibutuhkan para petani agar bisa meningkatkan hasil pertanian yang nantinya akan bisa meningkatkan perekonomian para petani tersebut. Untuk itu, kami terus turun ke masing-masing subak untuk mencari masukan agar bisa meseleraskan program dan kebutuhan para petani yang ada di Kabupaten Buleleng ini.
Dalam kesempatan tersebut, anggota Subak Lanyahan dan Subak Babakan Desa Jagaraga menyambut baik kedatangan Ketua DPRD Buleleng serta pemerintah untuk bertemu dengan para petani. Menurut salah satu anggota subak, dengan adanya tatap muka seperti ini bisa terjalin hubungan yang baik antara pemerintah dengan para petani. Adapun masukan anggota Subak Lanyahan dan Subak Babakan Desa Jagaraga yaitu memperbaiki saluran irigasi sekunder dan primer, bantuan bibit tani, bantuan traktor, memperbaiki senderan yang jebol, pelatihan untuk para petani muda mengenai pertanian yang baik, bantuan modal untuk pupuk subsidi dan rehab Pura Subak Lanyahan dan Subak Babakan.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Desa Jagaraga, Kelian Adat Jagaraga, Kelian Subak Layahan dan Kelian Subak Babakan.