(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

Ketua Komisi II Hadiri Konsultasi Publik Pertama Revisi RTRW Kabupaten Buleleng Tahun 2023 - 2043

Admin dprd | 26 Mei 2023 | 163 kali

Ketua Komisi II saat memberikan masukan

SINGARAJA, Humas DPRD Buleleng

Adanya Perubahan RTRW Provinsi Bali yang sudah disahkan, Pemerintah Kabupaten Buleleng mulai membahas revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Buleleng Tahun 2023-2024. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menggelar Konsultasi Publik Pertama  Revisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kabupaten Buleleng No. 9 Tahun 2013 di Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng, Jumat (26/5).

Beberapa materi yang dibahas yakni materi mengenai Lingkup Wilayah Perencanaan, Tujuan Kebijakan dan Strategi Penataan Ruang, Rencana Struktur Ruang, Rencana Pola Ruang, Kawasan Strategi Kabupaten, Arahan Pemanfaatan Ruang Wilayah Kabupaten dan Ketentuan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wilayah Kabupaten.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Buleleng Putu Mangku Budiasa,SH.M.H yang hadir dalam Acara Konsultasi Publik Pertama  Revisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kabupaten Buleleng No. 9 Tahun 2013 di Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa nantinya Perda RTRW Kabupaten Buleleng ini akan menjadi rujukan dalam mengurus ijin berusaha yang ada di Kabupaten Buleleng.

“Kami di Dewan akan mencermati betul pembahasan Perda RTRW ini sehingga kedepan tidak ada hal-hal yang kita inginkan berkaitan dengan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Buleleng”, ujarnya.

Mangku Budiasa juga menambahkan sebagai contoh dari beberapa tempat yang sudah beralih fungsi agar perlu dicermati statusnya misalkan kawasan LC yang saat ini eksistensinya sudah menjadi wilayah perumahan tetapi statusnya masih menjadi wilayah pertanian. Untuk itu, dalam pembahasan revisi RTRW ini harus benar-benar memperhatikan data secara komprehensif di lapangan.

Kepala Bidang Tata Ruang PUTR Buleleng Gede Ngurah Dharma Seputra, ST,MAP., yang memimpin rapat menyambut baik apa yang menjadi masukan dari Ketua Komisi II DPRD Buleleng. Menurutnya, dalam revisi RTRW Kabupaten Buleleng memerlukan banyak masukan dari berbagai pihak seperti hal nya dari DPRD Buleleng, BPN, Masyarakat serta yang lainnya.

Turut hadir Perwakilan Dinas PUPR Provinsi Bali, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Perwakilan Inspektorat Kabupaten Buleleng, Perewakilan Camat se-Kabupaten Buleleng serta tamu undangan lainnya.