(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

Alat Kesehatan Senilai Ratusan Juta Mangkrak Dipuskesmas Gerokgak

Admin dprd | 15 Januari 2015 | 915 kali

Komisi IV DPRD Kab. Buleleng mengdakan Kunjungan kerja ke puskesmas Gerokgak. Menidak lanjuti adanya alat kesehatan yang nilai nya cukup pantastis tidak terpakai dengan fungsinya. Hal itu di benarkan oleh Kepala Puskesmas Gerokgak Dr. Ketut Parining. Tidak berfungsinya alat tersebut dikarenakan alat tersebut tidak diperuntukan untuk puskesmas yang notabin nya sebagai pusat kesehatan pertama. Alat tersebut diantaranya 1 unit meja OK (Meja Operasi) dan 1 unit alat inkubator bayi. Disamping itu pula tenaga medis yang mengoperasikan alat tersebut masih terbatas dan juga kekurangan daya listrik.
untuk mengantisipasi pasien yang menggunakan alat tersebut puskesmas akan merujuk pasien tersebut ke RSU Kab. Buleleng. Sebagai tempat layanan kesehatan lanjutan.

 

Sementara itu menurut Ketut Ngurah Arya yang ikut serta dalam rombongan mengatakan : puskesmas gerokgak merupakan puskemas pertama rawat inap sebagai penyangga pelayanan di kecamatan gerokgak agar meberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Terkait dengan masalah alat medis yang tidak terpakai, komisi IV mengharapkan   dinas kesehatan atau instansi yang terkait untuk menarik alat tersebut untuk digunakan pada rumah sakit yang membutuhkan. Karena dikawatirkan lama tidak terpakai akan menjadi rusak.

 

Menurut Dr. Ketut Parining : memang alat-alat tersebut tidak dipergunakan di puskesmas, kalau mau diambil agar dipergunakan dirumah sakit yang membutuhkan.

 

Menurut Ketua Komisi IV Ketut Wirsana ; kedatangan ke puskesmas gerokgak sebagai tindak lanjut dari pertemuan di rumah sakit umum yang mana JKBM yang mana sudah tidak dilayani di rumah sakit – rumah sakit swasta yang ada dilbuleleng. Sehingga perlu memastikan kesiapan dari puskesmas-puskesmas yang utamanya menangani pasien-pasien rawat inap agar betul-betul menyiapkan diri untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sehingga masyarakat merasa nyaman berobat dipuskesmas dan tidak harus ke rumah sakit. Untuk puskesmas gerokgak dianggap pelayanan sudah sangat baik dan sehingga Komisi IV sangat mengapresiasi kinerja tersebut.