(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

KOMISI I SIKAPI PEMBERHENTIAN KADUS SAMBANGAN

Admin dprd | 21 April 2017 | 693 kali


Komisi I DPRD Buleleng kamis (23/2), menepati janjinya untuk meminta keterangan kepada Perbekel Sambangan, Camat Sukasada dan BPMPD kabupaten Buleleng terkait adanya aduan dari salah satu warga dusun Sambangan desa Sambangan masalah pemberhentian menjadi Kepala Dusun Sambangan. Ketua Komisi I DPRD Buleleng Putu Mangku Mertayasa beserta anggota didampingi oleh team ahli Sekretariat DPRD Buleleng Wayan Rideng meminta penjelasan kepada Kepala Desa Sambangan, Camat Sukasada dan BPMPD Buleleng terkait proses pemberhentian dan pengangkatan kadus sambangan yang saat ini dipermasalahka. Menurut Ketua Komisi I DPRD Buleleng, menerangkan bahwa Komisi I DPRD Buleleng tanggal 9 pebruari 2017 menerima warga dari dusun sambangan yang mengadukan porses pemberhentiannya menjadi Kadus Sambangan. Untuk itu Komisi I DPRD Buleleng hari ini meminta penjelasan dari pihak terkait agar nantinya bisa memberikan rekomendasi dan jawaban kepada warga tersebut. Sebagai Komisi yang membidangi masalah pemerintahan tentunya masalah ini sangat perlu diselesaikan secepatnya.
Kepala Desa Sambangan mengatakan bahwa proses dalam pemberhentian Bapak Nyoman Sudarma sebagai Kadus Sambangan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Dimulai dari mekanisme pembinaan sampai dalam pengambilan keputusan. Disamping itu masa jabatan beliau sudah habis di bulan Januari 2016 dan sudah diperpajang selama 6 bulan mulai 4 Januari 2016 sampai 4 Juni 2016. Dan masalah ini sudah kami konultasikan kepada camat sukasada dan sudah direkomendasikan untuk memberhentikan kadus sambangan. Sehingga saat ini secara hukum beliau tidak lagi menjadi kadus sambangan.
Putu Mangku Mertayasa menerangkan bahwa apa yang dilakukan oleh Perbekel Sambangan sudah sangat tepat dan sesuai aturan yang ada. Beliau sudah melakukan pembinaan-pembinaan kepada yang bersangkutan, dan sudah meminta masukan kepada Camat Sukasada sehingga keputusan yang saat ini diambil sudah sangat tepat