(0362) 22713
dprd@bulelengkab.go.id
Sekretariat DPRD Buleleng

Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng Tinjau SMK N 1 Kubutambahan

Admin dprd | 23 Januari 2015 | 1328 kali

Rombonga Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng melanjutkan tugasnya ke SMK N 1 Kubutambahan beberapa waktu lalu (23/01/2015). Tujuan dari kunjungan ini adalah dipandang perlunya pengawasan akan mutu pendidikan.

Sesuai bidang yang digeluti di komisi IV yakni masalah pendidikan dan kesehatan, Ketut Wirsana dan anggota Komisi IV lainnya serta didampingi Camat Kubutambahan memantau kegiatan yang dilakukan setiap hari di SMK N 1 Kubutambahan. Wirsana menyatakan bahwa, masalah Kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan. Tanpa dipungkiri, dalam hal kesehatan tentunya didasari dari tenaga kesehatan yang berkualitas. SMK N 1 Kubutambahan diharapkan mampu memberikan pendidikan kepada siswanya agar bisa menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas. “Biar nanti tidak terjadi kesalahan dalam baik pada pemberian obat ataupun penanganan pasien” ujarnya.

I Gede Sukanaya selaku Kepala Sekolah SMK N 1 Kubutambahan sangat senang akan perhatian DPRD Kabupaten Buleleng dalam pengawasan mutu pendidikan dan kesehatan. Dalam paparannya Sukanaya memaparkan tentang sekolah yang memiliki 720 orang siswa yang dibagi menjadi 2 kompetensi yakni Jurusan Keperawatan dan Jurusan Farmasi. Disampin itu Sukanaya memaparkan beberapa kendala yang dihadapi sekolah ini. Ruang yang terbatas menyebabkan jam belajar dibagi menjadi dua shift. Sehingga ini berdampak pada sulitnya proses pembelajaran. Dari sisi tenaga pendidik,  SMK N 1 Kubutambahan masih kekurangan guru produktif. Sukanaya juga mengajak Komisi IV untuk melihat kondisi real di lingkungan SMK N 1 Kubutambahan.

Sejauh ini, Sukanaya menambahkan, dalam memenuhi tuntutan itu pihak sekolah mengupayakan dana sebesar Rp. 500.000.000 per tahun untuk biaya guru honorer . Dana yang didapat itu berasal dari iuran Komite sekolah dan dana BOS serta bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Sedangkan alat-alat praktek siswa baru terpenuhi 75% dimana secara ideal seharusnya 1 alat untuk 1 siswa.

Ketut Sumardana, SH, MM selaku Koordinator Komisi IV menyatakan mengenai endala-kendala yang dihadapi sekolah ini, DPRD Kabupaten Buleleng akan berkoordinasi dengan kepala Daerah dalam rapat dengar pendapat dengan instansi terkait nantinya. “Bila perlu kami akan berkoordinasi juga ke Menpan” ungkap Sumardana.

Hesti Ranitasari juga menghimbau pihak sekolah agar lebih meningkatkan kebersihan sekolah terutama urusan kantin sekolah. Dimana dianggap sangat penting untuk menjaga kesehatan calon-calon tenaga kesehatan di sekolah ini. Baik itu kesehatan ruangan dan makanan yang disediakan disini.

Apresiasi juga disampaikan oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Buleleng, karena SMK N 1 Kubutambahan ini sudah mengantongi sejumlah prestasi. Hal ini dibenarkan oleh I Made Ngadeg selaku Sekretaris Dinas Pendidikan. Ia mengungkapkan agar DPRD Kabupaten Buleleng mampu menjembatani sekolah ini dengan Pemerintah daerah agar tercapainya kualitas pendidikan yang baik di Buleleng khususnya. (hms)